5 Cara Pembakar Lemak Bekerja Menurunkan Berat Badan

Suplemen pembakar lemak adalah salah satu suplemen paling dikenal di dunia. Tak hanya di antara mereka yang berkecimpung di dunia fitness dan bodybuilding, bahkan masyarakat awam pun menjadi topik yang ramai dibicarakan. Betapa tidak, setiap harinya kita dibombardir oleh sederet iklan pembakar lemak yang mengklaim dapat membuat Anda kurus dalam waktu singkat.

Nah, mungkin Anda masih bertanya-tanya, bagaimana sebenarnya suplemen pembakar lemak ini bekerja untuk membantu menurunkan berat badan Anda.

1. Meningkatkan Metabolisme

Bahan Utama: Kafein, Ekstrak Teh Hijau

Penelitian sebelumnya telah melaporkan bahwa kafein dan suplemen yang mengandung kafein dapat meningkatkan tingkat metabolisme istirahat. Bahkan dosis kecil kafein (100 mg) telah dilaporkan secara signifikan meningkatkan tingkat metabolisme istirahat sekitar 4% selama periode 2,5 jam setelah konsumsi. Selain dampaknya pada tingkat metabolisme, kafein dapat meningkatkan oksidasi lemak intra dan ekstramuskular.

Selain kafein, ekstrak teh hijau alias green tea extract juga telah diteliti potensinya untuk meningkatkan tingkat metabolisme selama istirahat. Hasilnya, ekstrak teh hijau secara signifikan meningkatkan pengeluaran energi dalam 24 jam, memiliki sifat termogenik, dan meningkatkan oksidasi lemak.

2. Meningkatkan Termogenesis

Bahan Utama: EGCG, Cayenne Pepper, and Advantra Z®

Termogenik adalah senyawa yang dirancang untuk memperkuat produksi panas tubuh, sehingga meningkatkan pengeluaran energi dan mendorong penurunan berat badan. Salah satu senyawa tersebut adalah epigallocatechin gallate, juga dikenal sebagai EGCG. EGCG terlah diteliti dapat meningkatkan pengeluaran energi dengan merangsang termogenesis jaringan lemak. Untuk mendukung teori ini, Dulloo et al. melaporkan bahwa EGCG dalam kombinasi dengan kafein (misalnya, 50 mg kafein dan 90 mg epigallocatechin gallate yang diminum tiga kali sehari) secara signifikan meningkatkan pengeluaran energi 24 jam dan pemanfaatan lemak yang jauh lebih besar daripada ketika jumlah kafein yang setara dievaluasi, menunjukkan efek sinergis. Itulah sebabnya peningkatan pengeluaran energi melalui suplementasi EGCG dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan/atau mengatur komposisi tubuh.

Senyawa termogenik kedua adalah cayenne pepper. Studi menunjukkan bahwa senyawa kimia dalam ccayenne pepper memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi panas tubuh, sehingga meningkatkan laju metabolisme lemak dan karbohidrat. Penelitian tambahan juga menunjukkan bahwa cayenne pepper meningkatkan produksi epinefrin dan norepinefrin, yang bersama-sama menurunkan nafsu makan atau mengurangi rasa lapar.

Termogenik terakhir adalah senyawa yang dipatenkan, Advantra Z®. Karena Advantra Z® mengandung synephrine, dapat merangsang termogenesis, meningkatkan lipolisis atau pemecahan lemak untuk memfasilitasi pembakaran lemak yang dijadikan energi, mengurangi berat badan, meningkatkan massa otot tanpa lemak, dan menekan nafsu makan. Advantra Z® juga meningkatkan kinerja atletik dan penyerapan asam amino ke dalam sel otot. Advantra Z® menawarkan banyak efek peningkatan metabolisme dari efedrin tanpa efek samping yang berbahaya. Tidak seperti efedrin, Advantra Z® tidak memengaruhi tekanan darah dan detak jantung, sehingga aman dan efektif untuk menurunkan berat badan.

3. Menggunakan Lemak sebagai Bahan Bakar

Bahan Utama: Carnitine

Carnitine memainkan peran penting dalam mengubah lemak tubuh menjadi energi. Fungsi utama carnitine adalah mengatur metabolisme lemak dan mengangkut asam lemak ke dalam mitokondria, di mana mereka dioksidasi dan diubah menjadi energi. Studi menunjukkan bahwa atlet dan mereka yang berlatih beban secara intensif bisa membutuhkan lebih banyak carnitine daripada yang dapat diproduksi tubuh mereka, sehingga mengonsumsi suplemen carnitine dapat meningkatkan performa latihan dan pengurangan lemak yang tersimpan dalam tubuh.

Selama latihan yang intens, carnitin dapat membantu mengurangi rasio pertukaran pernapasan dan penumpukan asam laktat di otot, yang mengarah pada peningkatan energi dan ketahanan yang lebih besar terhadap kelelahan otot. Sederhananya, carnitine membantu tubuh Anda membakar lemak yang tersimpan dalam tubuh Anda untuk energi, yang mengarah pada peningkatan daya tahan dan performa latihan Anda. Studi menunjukkan bahwa carnitine bahkan dapat mempertahankan glikogen otot selama latihan, membuat Anda tetap berenergi lebih lama.

4. Menekan Nafsu Makan

Bahan Utama: L-Tyrosine

Meskipun banyak bahan aktif lain yang tercantum di atas bertindak sebagai penekan nafsu makan, L-tyrosine mungkin menunjukkan efek terkuat dalam hal menahan rasa lapar. Ini karena perannya dalam produksi dopamin, epinefrin, dan norepinefrin. Neurotransmiter ini membantu menciptakan rasa kenyang, yang pada gilirannya berkontribusi untuk mengurangi keinginan makan berlebihan. Mengonsumsi suplemen yang mengandung tyrosine merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan metabolisme tubuh orang yang kelebihan berat badan dan obesitas dengan aman. Tyrosine juga telah terbukti mempengaruhi produksi kadar hormon tiroid, khususnya tiroksin, hormon yang mengatur tingkat metabolisme tubuh.

5. Mengurangi Penyerapan Karbohidrat dan Meningkatkan Sensitivitas Insulin

Bahan Utama: Daun Banaba, Theobromine

Daun banaba adalah mimetik insulin yang telah terbukti menghambat penyerapan (pencernaan dan penyerapan) karbohidrat sampai tingkat tertentu dan juga dapat membantu pengendapannya ke dalam sel otot rangka dari aliran darah, yang mengakibatkan penurunan gula darah. Juga, karena Banaba mengandung senyawa asam corosolic, ia mendorong penggunaan glukosa sebagai bahan bakar dan mendorong penurunan berat badan.

Theobromine adalah methylxanthine, yang merupakan kerabat kimia dari kafein. Ketika theobromine diserap oleh tubuh, ia mengaktifkan jalur pensinyalan insulin, yang menyebabkan sedikit peningkatan penyerapan glukosa. Peningkatan penyerapan glukosa berarti tubuh dapat mengambil gula dari darah lebih efektif.

Meskipun Anda kini telah mengetahui bagaimana hebatnya suplemen pembakar lemak bekerja untuk membantu menurunkan berat badan Anda, namun ingat bahwa suplemen adalah pelengkap yang berfungsi untuk memaksimalkan hasil diet dan latihan Anda, di mana lagi-lagi latihan intensif dan pengaturan diet yang bagus adalah kunci utama keberhasilan Anda.