Glutathione, Nutrisi Viral untuk Daya Tahan Tubuh Anda

Nutrisi ini menjadi cukup viral di Indonesia karena banyak dikandung dalam minuman-minuman kesehatan, khususnya pada beauty drink untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit. Ya, namanya Glutathione. Pasti Anda sudah tidak asing dengan nutrisi ini, bukan?

Glutathione tergolong antioksidan super yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan terutama pada era pandemi seperti saat ini. Glutathione dapat diproduksi secara alami oleh tubuh tapi jumlahnya menurun seiring bertambahnya usia. Peran utama glutathione sama seperti antioksidan lainnya yaitu melawan radikal bebas dan mencegah stres oksidatif yang biasa muncul saat tubuh dalam kondisi sakit. Keunikan glutathione terletak pada zat penyusunnya yang terdiri dari tiga asam amino yaitu glycine, glutamine, dan cysteine.

Gimana Cara Meningkatkan Glutathione secara Alami ?

Asupan yang masuk dalam tubuh kita akan mempengaruhi produksi glutathione dalam tubuh. Misalkan, konsumsi alkohol akan menurunkan kadar glutathione. Lalu makanan atau minuman dan gaya hidup seperti apa yang dapat membantu meningkatkan produksi antioksidan ini?

1. Konsumsilah Makanan Tinggi Glutathione

Makanan yang secara alami memiliki kandungan glutathione seperti asparagus, alpukat, bayam. Makanan tinggi protein dan sayuran hijau juga membantu meningkatkan kadar glutathione. 

2. Perbaiki Kualitas Tidur Anda

Tidur yang tidak berkualitas akan meningkatkan hormon stress yaitu kortisol. Kita butuh tidur yang berkualitas minimal 7 jam setiap harinya. Jika tidak, maka tubuh Anda berisiko mengalami peningkatan stress oksidatif dan menurunkan kadar glutathione dalam tubuh. Prioritaskan kualitas tidur Anda dan jauhkan segala macam hambatan seperti gadget atau alarm jam.

3. Aktif Berolahraga

Meskipun olahraga bisa meningkatkan level stress pada tubuh tetapi ini hanya terjadi sesaat. Riset menunjukkan bahwa menggabungkan latihan beban dan kardio dapat membantu meningkatkan kadar glutathione dalam tubuh. Agar hasil yang lebih optimal, direkomendasikan untuk melakukan latihan beban terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan latihan kardio.

4. Pilih Suplemen Berkualitas

Jika asupan makanan harian tidak mencukupi atau kurang berkualitas, maka bisa menambahkan suplemen dalam asupan Anda. Sebelumnya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter untuk pilihan suplemen yang paling tepat. Beberapa jenis suplemen yang bisa dipertimbangkan untuk meningkatkan kadar glutathione dalam tubuh seperti whey protein, curcumin, vitamin C, dan N-acetyl l-cysteine (NAC). Jika ingin suplemen NAC berkualitas tinggi, Anda bisa mencoba NutraBio NAC dengan daya serap yang tinggi sehingga secara optimal bisa melindungi tubuh dari radikal bebas dan menurunkan stress oksidatif.

Optimalkan daya tahan tubuh Anda dengan meningkatkan kadar glutathione dengan mengonsumsi NutraBio NAC. Selain praktis, suplemen ini cocok dikonsumsi saat pandemi seperti sekarang. Tunggu apa lagi, tingkatkan imun tubuh dengan NutraBio NAC. Salam sehat.