Ini Tandanya Asupan Kalorimu Terlalu Rendah!

Anda sedang berusaha menurunkan berat badan? Tapi, apakah cara diet Anda sudah benar atau justru malah keliru? Bagaimana cara Anda mengecek jumlah asupan kalori makanan Anda? Ini beberapa indikator penting untuk apakah pola diet Anda sudah tepat atau belum.

Program diet yang sehat selalu akan menyarankan pola diet yang seimbang dengan diimbangi dengan olahraga. Akan tetapi, banyak juga pola diet yang tidak tepat, berlebihan, dan parahnya ada yang memangkas kalori secara berlebihan. Apabila Anda mengonsumsi makanan dengan jumlah kalori yang terlalu rendah dari kebutuhan tubuh, maka hal ini dapat mempengaruhi kesehatan dan membahayakan jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Oleh karena itu, Anda harus bisa memastikan jumlah kalori yang Anda makan setiap hari. Berikut beberapa indikator yang menunjukkan asupan kalori harian Anda terlalu rendah.

  1. Progres Penurunan Berat Badan Tidak Stagnan

Banyak yang berasumsi jika makan dengan jumlah kalori yang rendah akan membantu mempercepat penurunan berat badan. Akan tetapi, hal ini juga bisa membuat progres penurunan berat badan jadi stuck. Kenapa bisa begitu? Karena apabila kalori dari makanan yang terlalu rendah dapat memperlambat metabolisme tubuh dan membuat tubuh jadi beradaptasi secara otomatis ke mode survival. Karena tubuh kekurangan energi akibat asupan yang terlalu rendah kalori, maka tubuh akan menyimpan apa yang kita makan menjadi cadangan energi. 

  1. Kurang Bertenaga saat Berolahraga

Jika Anda merasa lemas, tidak bertenaga, dan malas untuk memulai sesi latihan, bisa jadi Anda perlu mengkoreksi kembali asupan makanan harian. Kondisi lemas dan tidak bertenaga menandakan tubuh Anda kekurangan energi. Sebelum berlatih (1-2 jam), sebaiknya Anda makan atau minum NutraBio Pre Extreme untuk mengisi pasokan energi. Suplemen NutraBio Pre Extreme  ini sangat praktis dan memiliki kandungan lengkap untuk membuat tubuh bertenaga dan meningkatkan fokus. 

  1. Mood Swings

Diet dengan asupan kalori yang sangat rendah dapat mempengaruhi hormon dan kimiawi otak, sehingga mood Anda akan sangat mudah berubah-ubah. Mood akan berubah jadi makin jelek, apalagi jika asupan karbohidrat sangat rendah dan berlangsung lama. 

  1. Terserang Brain Fog

Kalori dari makanan yang Anda makan terlalu rendah akan membuat gula darah rendah. Hal ini akan berdampak pada kemampuan fokus dan berpikir. Kenapa? Karena bahan bakar performa otak kita berasal dari gula darah. Jadi saat asupan makan terlalu sedikit maka akan membuat gula darah menjadi rendah. Ciri-cirinya seperti sulit fokus, suka lupa, mudah terdistraksi, tidak produktif. Jika ingin memulihkan performa otak, naikkan asupan makan perlahan-lahan dan jangan terlalu cepat. Karena menaikkan asupan makanan terlalu cepat dapat membuat tubuh shock. 

  1. Selalu Merasa Lelah

Diet yang terlalu ketat secara otomatis akan membuat tubuh lemas dan lelah. Kondisi lelah ini akan membuat sulit tidur. Padahal tidur sangat diperlukan untuk proses pemulihan tubuh dan mental. Jika tubuh tidak cukup beristirahat, maka level energi makin menurun dan kadar hormon kortisol akan naik sehingga penyimpanan lemak makin meningkat. Selain itu, peningkatan hormon ghrelin akan meningkatkan rasa lapar sehingga membuat Anda merasa lapar terus menerus.

  1. Konstipasi

Konsekuensi dari asupan kalori yang terlalu rendah adalah saluran pencernaan akan melambat karena untuk menghemat energi. Namun, ini akan berdampak pada susah buang air besar. Selain itu, hal ini akan diperparah jika Anda tidak makan cukup serat. 

  1. Ingin Menyerah

Kebanyakan orang saat melihat efek diet yang terlalu ekstrem ini adalah ingin menyerah karena tidak melihat hasil yang diinginkan. Jadi, Anda wajib mengetahui indeks masa tubuh untuk merencanakan diet penurunan berat badan yang tepat. Pengurangan kalori diperbolehkan asal tidak berlebihan. Anda tidak boleh mengurangi kalori dibawah angka kebutuhan metabolisme basal. 

Konsultasikan dengan personal trainer atau ahli gizi jika ingin menurunkan berat badan dengan cara yang sehat. Selamat Mencoba.